Jumat, 15 Juni 2012

Alasan Memakai Batu Akik

Mu'adz ra. meriwayatkan dari Amirul Mukminin as. beliau berkata, "Barang siapa memakai cincin berbatu akik, maka Allah swt. akan mengakhiri hidupnya dengan keamanan dan keimanan"

Abi Abdillah as. berkata " Pakailah cincin berbatu akik, karena akik merupakan batu pertama yang percaya/meyakini ketuhanan Allah swt, kenabian Nabi Muhammad saw dan kewilayahan Imam Ali ibn Abi Thalib as. akik merupakan gunung yang menjadi saksi atau tempat ketika Allah swt berbicara kepada Nabiyullah Musa Kalimillah as. Orang yang memakai cincin berbatu akik ketika melakukan sholat adalah lebih utama dari pada orang yang memakai cincin lainya 40 DERAJAT"

Bacalah doa ini ketika menyarungkan cincin, “Ya Allah, jadikanlah aku dikenali melalui tanda keimanan ini. Jadikanlah kesudahan ku berbaloi dan pengakhiran ku baik walaupun di dunia seterusnya.”

Sunnahnya ialah mengenakan cincin perak. Sudah tentu emas haram untuk lelaki. Memakai cincin besi dan tembaga adalah makruh untuk lelaki dan perempuan. Oleh itu, mengikut kata-kata Imam Sadiq, Rasul meminta agar tidak dipakai cicin besi ketika bersolat.

Tidak ada komentar: